head silvikultur
Klasifikasi Pohon Klasifikasi Hutan Definisi Benih Agroforestri Struktur Hutan Hutan Tanaman


 


Pengertian Unsur Hara

Tanaman memerlukan makanan yang sering disebut hara tanaman. Berbeda dengan manusia yang menggunakan bahan organik, tanaman menggunakan bahan anorganik untuk mendapatkan energi dan pertumbuhannya.
Dengan fotosintesis, tanaman mengumpulkan karbon yang ada di atmosfir yang kadarnya sangat rendah, ditambah air yang diubah menjadi bahan organik oleh klorofil dengan bantuan sinar matahari. Unsur yang diserap untuk pertumbuhan dan metabolisme tanaman dinamakan hara tanaman. Mekanisme perubahan unsur hara menjadi senyawa organik atau energi disebut metabolsime.

Dengan menggunakan hara, tanaman dapat memenuhi siklus hidupnya. Fungsi hara tanaman tidak dapat digantikan oleh unsur lain dan apabila tidak terdapat suatu hara tanaman, maka kegiatan metabolisme akan terganggu atau berhenti sama sekali. Disamping itu umumnya tanaman yang kekurangan atau ketiadaan suatu unsur hara akan menampakkan gejala pada suatu organ tertentu yang spesifik yang biasa disebut gejala kekahatan.

Unsur hara yang diperlukan tanaman adalah Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Sulfur (S), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Seng (Zn), Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Molibden (Mo), Boron (B), Klor (Cl), Natrium (Na), Kobal (Co), dan Silikon (Si). Unsur Na, Si, dan Co dianggap bukan unsur hara essensial, tetapi hampir selalu terdapat dalam tanaman. Misalnya, unsur Na pada tanaman di tanah garaman yang kadarnya relatif tinggi dan sering melebihi kadar P (Fosfor). Silikon (Si) pada tanaman padi dianggap penting walaupun tidak diperlukan dalam proses metabolsime tanaman. Jika tanaman padi mengandung Si yang cukup, maka tanaman tersebut lebih segar dan tidak mudah roboh diterpa angin sehingga seakan-akan Si meningkatkan produksi tanaman.

 

Artikel Terkait :

  1. Manfaat Tanah
  2. Bahan Organik Tanah
  3. Kemasaman Tanah (pH Tanah)
  4. Lengas Tanah
  5. Tekstur dan Struktur Tanah
  6. Klasifikasi Jenis Tanah
  7. Pemupukan Tanaman
  8. Pengertian Unsur Hara
  9. Jumlah Kebutuhan Unsur Hara
  10. Pergerakan Unsur Hara Dari Larutan Tanah Ke Akar
  11. Pergerakan Hara di dalam Tubuh Tanaman (Penyerapan Unsur Hara)
  12. Metode untuk Mengetahui Status Hara Tanaman
  13. Pengertian Produktivitas Serasah
  14. Pengertian Humus dan Humufikasi
  15. Perbaikan Kesuburan Tanah dengan Sistem Agroforestri

 



Copyright © silvikultur.com 2011